Jumat, 28 November 2014

Desain Permodelan Grafik

Peranan-Peranan Tim Dalam Membangun Sebuah Project

Peran dan Tanggung Jawab Project Manager
Hal utama yang harus dilakukan oleh project manager adalah berhubungan langsung dengan tim proyek untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan laporan mengenai rencana dan program ada kepada user, manajer tingkat atas dan kepada siapa saja memerlukan.
Tanggung jawab project manager secara khusus dalam setiap fase :
1.      Definisi (Definition)
Project Manager adalah orang yang mengatur diambil atau tidaknya keputusan.
2.        Analisis (Analysis)
Project Manager harus membuat beberapa bagian mengenai spesifikasi fungsional penerimaan jaminan dan semuanya tentang pengaruh sistem yang baru dalam lingkungan user.
3.        Disain (Design)
Seorang Project Manager menyusun pertemuan secara rutin dan menerbitkan sebuah laporan harian.
4.        Pemrograman (programming)
Pada tahap ini banyak melibatkan orang dengan segala bentuk permasalahannya.
5.      Sistem integrasi dan Tes (system integration And Test)
Pada tahap ini seorang Project Manager harus bisa menjaga keutuhan
perusahaan.
6.      Penerimaan (Acceptance)
Project Manager menjadwalkan waktu, fasilitas dan sumber - sumber yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem dan memastikan user menanda tangani perjanjian.
7.        Operasi (Operation)
Project Manager harus memastikan bahwa dukungan teknik yang ditampilkan sebelumnya tersedia dan user puas dengan sistem operasional.



Pengertian Analisi Sistem dan Tugas dari Analis Sistem
Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan.
Analis sistem bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan. Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas sistem komputer sebelum membuat satu usulan kepada pihak manajemen perusahaan.
Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal berikut :
·         Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan.
·         Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak.
·         Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya.
·         Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji.
·         Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan.
·         Menyiapkan dokumentasi berkualitas.

Pengertian Programmer dan Etika Profesi Seorang Programmer
Programmer Komputer adalah profesi yang bertugas untuk membuat sebuah program melalui bantuan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui otomasi dengan bantuan perangkat lunak atau software. Sebuah program itu didesain dan dikembangkan agar mampu membatu manusia sebagi pengguna (user) dalam mengatasi kegiatan kesehariannya.
Seperti halnya seorang dokter, pengacara , atau bidang lainnya, programmer komputer juga memiliki kode etik dan kode etik merupakan sesuatu hal yang harus menjadi bagian dari seorang programmer komputer.
Adapun kode etik programmer komputer antara lain :
1.      Programmer komputer tidak boleh membuat atau mendistribusikan (menyebarkan) Malware.
2.      Programmer komputer tidak boleh membuat kode sebuah program yang sulit untuk diikuti atau ditelusuri dengan sengaja.
3.      Programmer komputer tidak boleh membuat dokumentasi yang membingungkan atau tidak akurat dengan sengaja.
4.      Programmer komputer tidak boleh menggunakan ulang kode yang mempunyai hak cipta, kecuali telah membeli atau meminta izin.
5.      Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa izin.
6.      Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
7.      Tidak boleh mencela atau mempermalukan profesi programmer komputer.
8.      Tidak dengan sengaja membuat atau mengenalkan bug, dan kemudia mengklaim untuk fixing bug, atau memberikan stimulasi untuk update versi terakhir.
9.      Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam menaikkan status.
10.  Tidak boleh mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain

Pengertian DBA dan Tanggung Jawab dari DBA
Database Maker atau lebih sering dikenal dengan DBA merupakan orang yang bertugas untuk menyediakan penanganan dan kemampuan multimedia yang sangat baik serta memungkinkan semua jenis data multimedia yang akan disimpan, dicari, diambil dan dimanipulasi. Database administrator (DBA) harus diposisikan dalam manajemen menengah puncak dalam sebuah organisasi.
Tanggung jawab DBA dalam menangani struktur basisdata adalah :
1.      Merancang skema
DBA biasanya tidak terlibat dalam perancangan basisdata mulai dari awal. Oleh karena itu, setiap terjadi perubahan struktur basisdata yang berpengaruh pada skema atau relasi antar tabel harus selalu dicatat.
2.        Mengawasi terjadinya redundansi
Redundancy dapat terjadi pada dua hal, yaitu performance dan data integrity. DBA harus menetapkan prosedur tertentu untuk melakukan rekonsiliasi data untuk menghindari terjadinya redundansi.
3.        Melakukan pengawasan konfigurasi permintaan atas perubahan struktur basisdata.
DBA bertugas menyusun laporan secara berkala mengenai pemakai yang aktif, serta file dan data yang dipakai, dan metode akses yang digunakan. Disamping itu juga dicatat terjadinya kesalahan. Hal tersebut diperlukan untuk menentukan apakah diperlukan adanya perubahan struktur basisdata demi peningkatan performance.
4.        Menjadualkan dan mengadakan pertemuan apabila terjadi perubahan struktur basisdata.
5.        Menerapkan perubahan skema
Perubahan harus dilakukan pada basisdata ujicoba, agar pemakai dapat mengujinya sebelum diterapkan pada sistem yang sesungguhnya.
6.        Merawat dokumentasi pemakai
Merawat dokumentasi DBA – untuk memperoleh informasi tentang perubahan yang telah dilakukan, bagaimana dan kapan dilakukan.

Peranan dari Seorang Web Designer
Seorang web designer merupakan seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual dan grafif pada suatu halaman web, seorang web designer adalah orang yang membuat tampilan halaman dari sebuah web tampak begitu bagus dan indah. Para web designer mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user atau untuk melengkapi content page.
Berikut merupakan tugas dari seorang web designer :
1.      Membuat gambar-gambar yang akan disisipkan kedalam website dengan menggunakan Photoshop dan sebagainya.
2.      Menata Layout untuk pemasangan Banner, Link, Animasi & sebagainya.
3.      Mengatur Konten Website sesuai dengan kategori & diintegrasikan dengan link navigasi.
4.      Membangun Website mulai dari halaman depan sampai akhir sesuai dengan struktur web yang dipilih.
5.      Melakukan uji coba setiap halaman & memeriksa kesalahan penulisan HTML, CSS dan sebagainya.

Tugas dari Fungsional
Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan fungsional pada hakekatnya adalah jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, namun sangat diperlukan dalam tugas-tugas pokok dalam suatu organisasi.
Dalam tugasnya seorang atau kelompok fungsional adalah yang bertugas untuk membantu dan melancarkan tugas dalam sebuah proyek, mereka dibagi dalam beberapa bidang yang mempunyai tugas dan hasil masing masing.
Fungsional mempunyai tugas :
1.      Menyusun rencana dan program kegiatan sesuai bidangnya.
2.      Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data sesuai bidangnya.
3.      Melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai bidangnya dalam rangka memperoleh angka kredit sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku.
4.      Memberikan saran-saran atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah-langkah yang diambil sesuai bidangnya.
5.      Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan.
Fungsional itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bagian, berikut ini akan dijelaskan bagian-bagian dari fungsional tersebut :
1.        Project Charter
Project charter atau biasa disebut Project Overview Statement (POS) atau ikhtisar proyek, merupakan dokumen bertanda tangan yang secara resmi mendefinisikan serta mengesahkan sebuah proyek. Oleh karena itu, project charter ini dibuat tentu saja setelah proposal proyeknya disetujui.
Project Charter berfungsi memberikan arahan dan fokus yang jelas kepada tim mengenai sasaran yang ingin dicapai dari sebuah project. Dokumen ini juga akan menyelaraskan antara tujuan dari pelaksanaan proyek dengan tujuan dari bisnis organisasi skala yang lebih besar. 
2.      Bisnis Blueprint, pada umumnya berbentuk diagram.
3.      Functional Definition, berupa fungsi dari definisi.
4.      Checlist Quality A yang merupakan uji coba atau testing dari hasil kerja.
5.      Anover Document Project biasanya seperti pembuatan manual book serta penyerahan dari tugas yang de kerjakan.

Peranan dari Engineer dan Tugas dari Engineer
Engineer adalah seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada.
Seorang engineer harus mampu menguasai apa yang dia kerjakan misal dalam teknik mesin maka dia harus mengerti bagaimana cara membuat membenarkan dan merawat sebuah mesin itu, begitu juga dengan teknik lain yang dia pelajari.
Kemampuan yang sangat dibutuhkan seorang engineer :
1.        Pengetahuan dasar hingga tingkat lanjut bidang yang dia kerjakan.
2.        Pengetahuan apa yang akan dibuat.
3.        Komunikasi terhadap tim kerjanya.

Sumber :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar