Jumat, 17 April 2015

Tugas 2 Mata Kuliah Pengantar Teknologi Game (Softskill)

Mencari Jurnal Teknologi Game, kemudian buat kelebihan dan kekurangan dari jurnal tersebut.


AGEN CERDAS ANIMASI WAJAH UNTUK GAME TEBAK KATA



·         Kelebihan dari jurnal agen cerdas animasi wajah untuk game tebak kata
Kelebihan dari game tebak kata ini selain sebagai media pembelajaran yang sangat baik karena mampu memberikan informasi kebudayaan salah satunya dengan menampilkan lagu-lagu daerah yang kini mulai jarang terdengar dikalangan masyarakat, tetapi juga kemampuan yang besar dalam memproses data untuk menjelaskan hasil belajar dan juga game yang dikembangkan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran efektif yang variatif sehingga suatu pembelajaran menjadi lebih bermutu. Seiring berkembangnya zaman, kini sebuah game dapat diintegrasikan dengan unsur-unsur psikologi atau logika seperti manusia.
Untuk game tebak kata ini yang dimana menggunakan sebuah animasi wajah memiliki fungsi untuk membantu kebutuhan alami seorang manusia dalam mengekspresikan bentuk perasaan yang dirasakan, baik perasaan sedih, bahagia, tenang maupun marah dapat diekspresikan. Kelebihan lain dari game tebak kata ini, perancangan model yang sangat bagus untuk sebuah animasi wajah sehingga membuat pengguna game ini menjadi lebih menikmati setiap permainannya.
Bukan hanya ekspresi wajah yang ditampilkan tetapi didalam game ini juga memberikan efek suara sesuai dengan ekspresi wajah dari game tersebut, yang dimana setiap langkah pemain akan dikomentari oleh animasi ekspresi wajah ini dan tentunya hal ini akan membuat pemain menjadi terhibur dengan adanya animasi-animasi wajah dengan berbagai ekspresi dan nada-nada dari setiap ekspresi-ekspresi wajah tersebut. Dan dalam pembuatan game ini, digunakan salah satu elemen sebagai objek utama animasi wajah yaitu menggunakan movie clip dan juga metode FSM sehingga mempermudah dalam membuat berbagai jenis animasi wajah walaupun terdapat sedikit kesulitan. 

·         Kekurangan dari jurnal agen cerdas animasi wajah untuk game tebak kata
Dalam game ini masih banyak kekurangannya, salah satunya ekspresi yang ditampilkan hanya ekspresi senang dan kecewa sedangkan yang kita ketahui setiap manusia memiliki banyak ekspresi dalam hal itu masih perlu ditingkatkan lagi. Selain itu, komentar atas setiap ekspresi yang ditampilkan masih sekedar komentar benar dan salah. Kemudian jika terjadi kesalahan pada pemilihan huruf alangkah lebih baik jika terdapat komentar pula walau tidak diikuti dengan ekspresi wajah, salah satu contohnya yaitu pada kategori game terdapat kategori rumah adat akan lebih baik jika pada saat pemain menebak kata dari rumah adat tersebut benar maka ditampilkan pula berasal darimana rumah adat tersebut atau informasi tentang rumah adat tersebut. 


Materi Jurnal :

APLIKASI MOBILE GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID



·         Kelebihan dari jurnal mobile game edukasi matematika berbasis android
Kelebihan dalam game edukasi matematika ini yaitu membantu proses belajar anak-anak terutama yang masih diduduk dibangku sekolah dasar agar lebih menyukai mata pelajaran matematika pada khususnya, dalam game ini diberikan sebuah kategori quis yang dimana didalam kategori tersebut terdapat soal-soal yang diselesaikan oleh pemain. Selain itu, terdapat waktu lama pengerjaan dari soal-soal tersebut sehingga dapat melatih kecepatan setiap siswa atau pemain dalam menyelesaikan sebuah soal. Kemudian dalam game ini, tidak hanya menampilkan jumlah score yang di dapatkan. Tetapi dalam game ini juga menampilkan materi-materi yang berhubungan dengan pelajaran matematika, terutama rumus-rumus matematika.
Perancangan game ini menggunakan accelerometer pada sistem operasi android yang diintegerasikan dengan Physics Engine Library Box2D. Selain itu, permainan ini dibangun dengan menggunakan Framework dari Libgdx dengan bahasa pemrograman java dan juga alat bantu CorelDraw X5 dan Adobe Photoshop.

·         Kekurangan dari jurnal mobile game edukasi matematika berbasis android
Game edukasi matematika ini hanya hanya bersifat mobile based, aplikasi permainan ini dirancang dan diuji pada Android OS Mobile versi 4.3. Selain itu, game ini hanya untuk single player dan terkadang sebuah game yang hanya di mainkan oleh satu orang akan membuat pemain merasakan bosan agar tidak ada rintangan yang lebih dari itu.  Game ini juga tidak memiliki tingkatan level, akan lebih baik jika diberikan tingkatan level contohnya pada kategori quis setiap levelnya diberikan soal-soal yang semakin sulit agar dapat mengasah cara otak pemain dalam memecahkan suatu soal dan yang terakhir untuk game ini masih perlu ditingkat lagi dalam hal perancangan model atau tampilan dari game ini. Karena tampilan pada game ini masih sangat sederhana, alangkah lebih baik jika memberikan perancangan yang lebih baik lagi sehingga membuat pemain tidak merasa bosan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar